POSBINDU "ASRI SEHAT"

POSBINDU "ASRI SEHAT"

Posbindu adalah singkatan dari Pos pembinaan terpadu. Program Posbindu masih menjadi strategi dari Kemenkes sebagai upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus upaya Promotif dan Kuratif, dalam menanggulangi penyakit tidak Menular (PTM).

Jenis-jenis Penyakit Tidak Menular yang dapat terdtreksi dari kegiatan Posbindu diantaranya seperti Penyakit gula (Diabetes),Tekanan Darah tinggi (Hipertensi), Klestrol, Asam Urat,Obesitas dan gangguan pada penglihatan.

Kemajuan teknologi dan berbagai kemudahan yang saat ini ada, ternyata tidak selalu berdampak positif dalam kehidupan manusia, terutama dalam hal kesehatan. Kebutuhan hidup yang semakin beragam dan tingkat persaingan yang semakin ketat kadang membuat pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak teratur, aktifitas yang terlalu difotsir dan mengkonsumsi makanan makanan yang sifatnya instan.

Keadaan seperti diatas sangat rawan timbulnya penyakit tidak menular seperti setres,kolesterol yang menumpuk, kadar gula yang tinggi dan tekanan darah yang tinggi. Kondisi seperti ini jika tidak terpantau bisa berakibat fatal bagi kita, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa berakibat strooke, asam urat yang tinggi dan tidak terpantau bisa menyebabkan kerusakan pada sendi dan bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Keberadaan Posbindu, adalah sebagai upaya deteksi dini terhadap berbagai penyakit tidak menular dengan maksud untuk secepat mungkin tertangani sehingga tidak berakibat fatal pada masyarakat. Kegiatan Posbindu berupaya untuk mengatasi gangguan kesehatan melalui perbaikan Pola MakanPola Hidup dan Pola Pikir dan semaksimal mungkin tanpa melakukan pengobatan secara kimia.

Pola Makan yang tidak teratur dapat menimbulkan berbagai penyakit, dengan demikian pola makan perlu menjadi perhatian, terutama bagi yang sudah terlanjur mengalami gangguan kesehatan. misal bagi penderita asam urat sangat dianjurkan untuk makan makanan yang memilik kadar purin yang tinggi, penderita diabetes tidak dianjurkan makanan dengan kadar gluosa yang tinggi, dan lain-lain.

Pola Hidup yang tidak teratur dapat menimbulkan berbagai penyakit, tidur terlalu malam, kerja yang melebihi batas, atau bahkan aktifitas yang sangat minim juga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Perbaikan pola hidup sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Pola Pikir, manusia merupakan satu satunya mahluk Alloh SWT yang dikaruniai akal dan pikiran. Pola pikir yang tidak baik sangat mempengaruhi darajat kesehatan, seperti berfikir teralalu keras dapat mengakibatkan setres yang akan mempengaruhi produksi asam lambung dan berdampak timbulnya berbagai penyakit.

Sebagai upaya mendekatkan masyarakat pada fasilitas kesehatan, Pemerintah Desa Kotayasa bersama dengan Puskesmas 02 Sumbang, sejak tahun 2022 telah membentuk POSBINDU di desa Kotayasa yang diberi nama POSBINDU "ASRI SEHAT".  Pemberian nama ASRI sesuai dengan visi Kepala Desa Kotayasa, Bapak Tarwo,yaitu Kotayasa "ASRI" yang merupakan kependekan dari Aman, Sentosa, Religius dan Insani.

Posbindu ASRI SEHAT yang diketuai oleh Ibu Wiwi Susi Solikhah, sejak dibentuk telah melakukan pelayanan secara mobile di tiap tiap RW dengan target mampu melayani masyarakay usia 15-45 tahun sebanyak kurang lebih 2500 orang/tahun. 

Berikut Susunan Pengurus Posbindu "ASRI SEHAT" sesuai SK Kepala Desa Kotayasa Nomor 4 Tahun 2022

No Nama Tempat Tgl Lahir Alamat Jabatan
1 WIWI SUSI SOLIKHAH Banyumas,29-01-1981 RT.007/002 Ketua
2 WARTO Banyumas,17-02-1979 RT.004/002 Sekretaris
3 SULISTIYANTI Banyumas,25-11-1979 RT.004/002 Bendahara
4 RUSWANTO Banyumas,12-05-1965 RT.001/005 Anggota
5 DARYANTI Banyumas,7-01-1983 RT.004/005 Anggota
6 SARTI Banyumas,19-10-1982 RT.002/003 Anggota
7 TARSILAH Banyumas,12-09-1984 RT.005/003 Anggota
8 RAKITEM Banyumas,22-03-1987 RT.005/006 Anggota
9 MURNI RAHAYU Banyumas,23-05-1985 RT.004/04 Anggota

1

2

3

 

Related Posts

Komentar